ISO 9001 – Desain Dalam Pendidikan

ISO 9001 - Desain Dalam Pendidikan

ISO 9001 - Desain Dalam Pendidikan

Saya memutuskan beberapa artikel yang lalu bahwa daripada mencoba untuk mengatasi masalah yang saya pikir penting saya akan fokus pada pertanyaan diajukan kepada saya selama kegiatan konsultasi saya. Dari jumlah tersebut salah satu pertanyaan favorit saya sampai saat ini adalah

Dapat ISO desain dan kriteria pembangunan diterapkan untuk program pelatihan dan pendidikan

Jawabannya adalah ya pasti. Sedangkan ISO desain dan model pembangunan biasanya dikaitkan dengan kegiatan manufaktur penting untuk menyadari bahwa maksud dari kriteria ini memiliki aplikasi yang lebih luas. Persyaratan ini tidak hanya berhubungan dengan desain produk tetapi desain proses dan jasa juga.

Jika kita mempertimbangkan desain program pelatihan atau pendidikan kita menemukan bahwa persyaratan dasar yang ditetapkan dalam standar ISO tidak berarti unik atau asing. Bahkan persyaratan ini dapat diterapkan cukup mudah untuk pelatihan dan desain pendidikan dan umumnya konsisten dengan metodologi desain yang diterima

Desain Perencanaan – termasuk jadwal proyek dokumen ruang lingkup dan informasi lainnya yang mendefinisikan tahapan desain dan pengembangan verifikasi desain review dan kegiatan validasi dan tanggung jawab desain.

Management Interface – termasuk pihak yang berkepentingan seperti mahasiswa lembaga belajar instruktur mereka / guru perwakilan industri dan bahkan orang tua.

Masukan Desain – termasuk kebutuhan atau persyaratan yang ditentukan oleh siswa orang tua lembaga industri negara dan pihak lain yang berkepentingan perkembangan teknologi dan umpan balik dari pengalaman masa lalu juga bisa dipertimbangkan.

Output Desain – termasuk spesifikasi yang dihasilkan yang mendefinisikan program belajar. Ini mencakup tujuan pembelajaran grafik saja instruksi dan / atau rencana pelajaran. Spesifikasi untuk alat bantu belajar peralatan dan / atau bahan yang dibutuhkan persyaratan ruang misalnya ukuran ruangan ukuran meja jumlah kursi dll dan persyaratan kualifikasi instruktur juga akan termasuk dalam kategori ini.

Ulasan Desain – termasuk awal / kick-off rapat untuk input desain kemajuan pertemuan untuk meninjau perkembangan dari desain dengan rencana desain dan ulasan akhir untuk mengevaluasi desain program selesai untuk disetujui.

Verifikasi Desain – termasuk tinjauan desain penelitian di atas evaluasi terhadap program-program serupa dan kegiatan lainnya.

Validasi Desain – mencakup pertimbangan data yang diperoleh dari program percontohan tentu saja kuis dan ujian umpan balik dari siswa kritik saja umpan balik dari pengusaha dan pihak lain yang berkepentingan termasuk pengusaha dan industri.

Ubah Control – termasuk metode kontrol untuk mereview dan menyetujui perubahan yang diajukan atas desain yang ada serta metode manajemen antarmuka seperti keterlibatan dan pemberitahuan dari pihak yang terkena dampak dan kontrol konfigurasi.

Tak perlu dikatakan contoh di atas tidak dimaksudkan untuk menjadi semua-inklusif. Konfigurasi spesifik dan atribut dari sebuah program desain harus didasarkan pada pelatihan atau acara pendidikan sedang dikembangkan. Terlepas dari spesifik dari program desain Namun kerangka dasar yang ditetapkan dalam standar ISO dapat diterapkan dan dapat digunakan sebagai sarana yang efektif untuk mengendalikan proses desain dan pengembangan.

Jawabannya adalah ya pasti.

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: